Minggu, Agustus 23, 2009

buat kartul yuk!!!

pusing ya ternyata buat karya tulis. haha gak gampang ternyata dan butuh keuletan sarta waktu yang gak singkat. gue dan semua teman2 kelas XII di Sanur dapat tugas akhir untuk buat 1 karya tulis. setiap anak punya guru pembimbing yang beda2. hal itu udah ditentuin sama pihak sekolah. tiap guru bisa dapat 4-5 anak buat dibimbing. nah topik yang diangkat sebagai karya tulis harus sesuai dengan mata pelajaran yang diajar sama guru pembimbingnya masing2. misalnya aja nih, gue dapet guru pembimbing Mrs. Maria Catur yang notabene ngajar Bahasa Inggris. nah otomatis gue harus buat kartul yang berhubungan dengan bahasa inggris. oleh karena itu gue mengangkat tema pentingnya belajar bahasa inggris sedari kecil.

kita dikasih waktu sampai bulan desember buat bikin kartul. pengumpulannya bertahap. misalnya akhir bulan agustus ngumpulin kerangka karangan, akhir bulan september waktunya ngumpulin bab1, akhir bulan oktober ngumpulin bab 2, begitu seterusnya sampai kartulnya selesai semuanya dibuat. materi dan metode yang dipakai tiap anak juga beda2 sesuai dengan topik dan bahan kartul yang diangkat. ada yang pake kuisioner yang disebar ke temen2 1 sekolah, ada yang pake studi pustaka dengan nyari materi di buku2 tebel, wawancara orang atau kalau perli melakukan sebuah penelitian atau yang biasanya disebut eksperimen. tergantung bahan dan tiap orang yang buat nya. buat kartul gue sendiri sih kemungkinan bakal pake metode wawancara, kusioner dan studi pustaka secara bersamaan.

progres kartul gue? haha kayaknya baru 5% deh. agak bingung juga sih sebenernya dari mana mau buatnya. butuh waktu yang banyak buat mikir dan menimbang2 yang mana yang paling penting buat di bahas. soalnya kalo gak di seleksi gitu bisa 100 lembar lebih hasil kartulnya.

walaupun kartul dibuat berbarengan dengan kegiatan ekolah yang lain kayak ulangan, PR dan tugas2 lainnya, tapi kita harus tetep meluangkan waktu yang cukup buat bikinnya. soalnya kalo gak ntar kartul kita gak kelar2, sooo temen2 sanur yang juga lagi buat kartul kayak gue, tetep semangat yah. saling membantu teman dan tepat waktu ngumpulin kartulnya. semoga pada akhirnya kita bisa lulus ujian kartul dengan nilai bagus banget dan bisa ijuk UAN dan UAS dengan sangat lancar. Aminnn...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar